Rabu, 28 Agustus 2013

ACEH RAIH JUARA I LOMBA PIDATO KEPENDUDUKAN

Kabid KSPK, Faridah Abubakar (kiri pertama) dan Kasubid KPK, Rusdi (kanan terakhir) Perwakilan BkkbN Aceh bersama Juara I Lomba Pidato Kependudukan Kategori Remaja, Widya Octovia (dua kiri) dan Juara II Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan Kategori Remaja, Mohd Harith (dua kanan) tingkat nasional berfoto bersama usai menerima hadiah yang diserahkan Ketua Dewan Juri Arswendo Atmowiloto.

Banda Aceh – Widya Oktavia dari SMA Dayah Terpadu Inshafuddin Banda Aceh dengan judul pidato “Memperbaiki Kependudukan Indonesia Melalui KB dan Pendidikan” berhasil meraih Juara I Lomba Pidato Kependudukan kategori remaja tinggkat nasional yang digelar dari 15-19 Agustus 2013 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Sedangkan Mohd Harith dari SMAN 4 Banda Aceh meraih Juara II Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan juga kategori remaja dengan judul tulisan “FRSPK (Forum Remaja Sekolah Peduli Kependudukan) Sebagai Media Edukasi Kependudukan”. Perlombaan yang pertama digelar ini diselenggarakan oleh Direktorat Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Pusat. Dengan Ketua Dewan Juri Arswendo Atmowiloto.


Kasubbid Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan Perwakilan BkkbN Aceh, Rusdi Ssos, Rabu (28/8) di Banda Aceh mengatakan,Widya Oktavia dan Mohd Harith berhasil mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional setelah mengalahkan 40 peserta lomba lainnya dari 20 provinsi di Indonesia yang telah masuk sepuluh besar.

Sebut Rusdi untuk Juara II Lomba Pidato Kependudukan kategori remaja diraih Ismi Dita Muniroh dari Jawa Timur dan Juara III diraih Irene Melisa Janet dari Sulawesi Utara. Sedangkan Juara I Penulisan Kreatif kategori remaja diraih Prayoga Akbar P dari DI Yogyakarta dan Juara II diraih Syarah Syam Amir dari Sulawesi Selatan.

“Di Sumatera hanya Aceh yang meraih juara dan ini cukup membanggakan kita karena baru pertama kali lomba ini digelar,  anak-anak kita berhasil meraih Juara I Lomba Pidato Kependudukan dan Juara II Lomba Penulisan Kreatif Kependudukan. Keduanya katagori remaja,” kata Rusdi.

Sementara itu Rusdi menambahkan, tujuan perlombaan ini digelar tak lain bertujuan membantu para remaja dan dewasa muda di Aceh dalam memperoleh pengetahuan mengenai dampak dari kondisi kependudukan bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Dan dia berharap tahun depan, wakil-wakil Aceh yang dikirim mengikuti lomba tingkat nasional bisa lulus seleksi sepuluh besar semuanya dan bisa meraih juara pada semua kategori yang diperlombankan.  “Kita akan terus membina mereka, sehingga Aceh bisa kembali meraih juara,” harap Rusdi.

Tiga wakil Aceh yaitu Widya Oktavia (lomba pidato kategori remaja), Mohd Harith (lomba penulisan kreatif kategori remaja), dan  Cut Zahara Mutia dari Tarbiyah IAIN Ar-Raniry (lomba pidato kategori dewasa muda) selain mengikuti finalis lomba pidato dan penulisan kreatif kependudukan tingkat nasional di Jakarta, mereka juga mendapat undangan ke Istana Negara bersama 40 peserta lainnya, mengikuti upacara HUT RI ke-68 bersama Presiden SBY dan Wakil Presiden Budiono.  (Saniah LS/relawan PPKS)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar