Minggu, 06 April 2014

Mahasiswa se-Aceh Ikut Pemilihan Duta Mahasiswa

Para peserta Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014
sedang menunggu giliran wawancara|Saniah LS
BANDA ACEH – Sekitar seratusan mahasiswa/mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Aceh mengikuti wawancara (seleksi awal) pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Dumas GenRe) Aceh 2014 yang diadakan pada Minggu (6/4) di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Aceh di Jalan Peurada Utama, Banda Aceh.
Sehari sebelumnya, Sabtu sore (5/4) di tempat yang sama telah diadakan wawancara kepada mahasiswa/mahasiswi yang tinggal dan kuliah di luar Kota Banda Aceh via phone. Panitia sendiri telah membuka pendaftaran kompetisi bergengsi yang digelar setiap tahunnya ini sejak 13 Maret-4 April lalu.  

Dalam rangka meningkatkan promosi program GenRe  BkkbN, khususnya pengembangan Pusak Informasi dan Konseling Mahasiswa, diperlukan figur motivator dari kalangan mahasiswa, sesuai dengan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa. Figur motivator ini dapat disiapkan melalui Duta Mahasiswa GenRe,” jelas Ketua Panitia Pemilihan Dumas 2014 tingkat Aceh, Anto yang didampingi Koordinator Dumas Aceh, Rahmat Nazillah.
Dia juga menambahkan bahwa ajang pemilihan yang sudah digelar selama lima tahun ini  tidak mengandalkan pada kecantikan atau ketampanan peserta, namun pemilihan Duta Mahasiswa GenRe ini diharapkan dapat menghasilkan remaja yang siap untuk mempromosikan serta menjalankan pola hidup GenRe yang terdiri dari 8 Fungsi Keluarga, TRIAD KRR, Life Skill, dan Pendewasaan Usia Perkawinan.

Diantara peserta yang mengikuti seleksi wawancara
 Pemilihan Dumas GenRe Aceh 2014|Saniah LS
Sementara itu Rahmat menambahkan, mereka yang telah lulus seleksi wawancara akan dipilih sebanyak 30 finalis untuk mengikuti malam Puncak Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014 yang rencananya akan diadakan pada malam 16 April 2014 di Audiotorium RRI Banda Aceh. Terdiri dari 15 mahasiswa dan 15 mahasiswi.

Nama-nama 30 finalis ini akan diumumkan pada 8 April mendatang dan pengumummannya bisa dilihat di twitter @dumasAceh, blog www.ppksaceh.blogspot.com dan www.pik-ransel.blogspot.com. Mereka yang lulus sebagai finalis pada 12 April akan mengikuti teknikal meeting di Aula Perwakilan BkkbN Aceh dan mengikuti karantina pada 14-16 April sebelum  mengikuti malam pucak Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014 yang digelar pada malam 16 April di Gedung ACC Sultan II Selim, Banda Aceh.

“Kita menginginkan sosok Dumas GenRe Aceh 2014 nanti mampu memberikan perubahan dan membawa remaja ke arah lebih positif. Cantik dan tampan itu cuma bonus. Kalau di DumasGenRe yang penting bisa mengajak orang dan menghadirkan program yang berkualitas," tutup Rahmat yang juga merupakan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2012.

Dumas GenRe BkkbN mulai digelar sejak 2010 lalu dan tahun ini sudah memasuki pemilihan kelima. Diharapkan Dumas GenRe Aceh 2014 nanti bisa kembali mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional. Pada tahun 2012 dan 2013, duta Aceh Rahmat Nazillah (Dumas GenRe 2012) dan Pinka Satria Agsa (Dumas GenRe 2013) pernah meraih juara 3 dan favorit di tingkat nasional. (Saniah LS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar