Rabu, 25 September 2013

Remaja Aceh Ikut Jambore GenRe Tingkat Nasional

Remaja Aceh membawakan lagu Aceh Lon Sayang dan puisi berjudul Salam Damai dari Bumi Tengku Umar, Rabu malam (25/9) di Mabella Hotel, Anyer, Banten|Saniah LS
BANTEN - Sekitar 14 remaja Aceh dari delapan kabupaten/kota di Aceh mengikuti Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Nasional yang digelar selama 24-27 September 2013 di Marbella Hotel, Anyer, Banten. 

Para remaja Aceh yang terpilih menjadi duta diacara yang digelar BkkbN Pusat dengan  tema “Apa Arti Janjimu Untuk Dirimu, Temanmu, Keluargamu, dan Negaramu” dari Kelompok Nominasi Juara Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M ) Tingkat Provinsi Aceh yang digelar pada Februari setiap tahunnya.

Empat belas remaja/mahasiswa yang juga didampingi pendamping mereka masing-masing berasal dari Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Lhokseumawe, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Subulussalam, dan Nagan Raya.


Kepala BkkbN, Prof Fasli Jalal usai membuka acara, Selasa malam (24/9) yang diikuti sekitar ribuan remaja dari 33 provinsi di Indonesia mengatakan, kegiatan ini digelar untuk membangun rasa kebersamaan diantara remaja dimasing-masing provinsi melalui dinamika tuka menukar informasi dan mengembangkan program GenRe.

“Tujuan ajang ngumpul ini secara umum untuk mengembangkan kreatifitas remaja/mahasiswa kita dalam rangka mewujudkan generasi emas menuju Indonesia jaya,” jelas Fasli Jalal kepada wartawan.

Lanjut dia, diharapkan kegiatan selama empat hari ini dapat meningkatkan jumlah remaja/mahasiswa yang memahami tentang pendewasaan usia perkawinan. Serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan prilaku remaja dalam penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga.

Sebut Fasli Jalal saat ini di Indonesia ada sekitar 17 ribu remaja/mahasiswa yang tergabung dalam program Pusat Informasi dan Konseling (PIK) yang sudah dilatih oleh BkkbN untuk menjadi pendidik sebaya. Dan sebagian dari mereka kata dia lagi akan naik kualifikasinya menjadi konselor sebaya pada program-program PIK Remaja/Mahasiswa.

“BkkbN guna mendukung program PIK akan memberi bantuan secara bertahap. Memberi bantuan LCD, Laptop, dan berbagai media-media pembelajaran lainnya kepada mereka yang mendampingi kegiatan, sehingga mereka bisa menjangkau dengan mudah teman-teman sebayanya,” kata Fasli Jalal.

Sementara itu menurut Kasubid Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BkkbN Aceh, Ihya di Aceh saat ini ada sekitar 581 kelompok dengan klasifikasi Perguruan Tinggi Negeri/Swasta 23 kelompok, Pondok Pasantren sebanyak 40 kelompok, 38 kelompok dari karang taruna, dan selebihnya dari SMA/sederajat, dan SMP/sederajat.

Pada Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja GenRe Tingkat Nasional yang digelar di Anyer, Banten para remaja seluruh Indonesia menampilkan kreatifitas kesenian dari masing-masing provinsi. Duta dari Aceh membawakan lagu “Aceh Lon Sayang” yang diiringi gitar akustik dan pembacaan puisi berjudul “Salam Damai dari Bumi Teuku Umar” karya Cut Aja Mawaddah Rahmah. (Saniah LS/Relawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar