Kamis, 10 Oktober 2013

PPKS Bungong Jeumpa Layani Konseling Pranikah Gratis

Mitra kerja PPKS Bungong Jeumpa Banda Acen|Saniah LS
Banda Aceh – Konseling pranikah merupakan salah satu layanan konseling yang memiliki urgensi seiring dengan kompleksitas masalah sosial ekonomi di era globalisasi saat ini. Untuk itu diperlukan perencanaan persiapan pernikahan yang lebih matang, sebelum memasuki jenjang pernikahan untuk mencapai keluarga sejahtera, sakinah mawaddah warahma.

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Bungong Jeumpa Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh memberi dan membuka layanan konseling pranikah gratis sejak Juli 2013 lalu kepada masyarakat Aceh. Konseling bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke Kantor PPKS Bungong Jeumpa, Jalan Peurada Utama (depan Komplek Bea dan Cukai).

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah Abubakar SE MM menjelaskan, konseling pranikah sangat diperlukan karena akan memberikan gambaran awal kepada kedua calon pengantin akan makna pernikahan yang pada dasarnya merupakan upaya pemenuhan kebutuhan manusia. Baik itu kebutuhan biologis, psikologis, sosial, dan maupun agama.


“Nanti konselor kita akan menanamkan kepada kedua calon pengantin beberapa faktor penting yang menjadi prasyarat memasuki pernikahan dan berumah tangga. Usia berapa yang sehat bagi laki-laki dan perempuan untuk menikah. Kemudian faktor psikologis, misal kemantangan emosional dan mental sehingga bisa membangun sikap saling mengerti dan menerima antara suami dan istri,” jelas Faridah.

Kemudian lanjut dia, faktor etika dan agama dalam membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahma. Faktor komunikasi dan terakhir faktor sosial dan ekonomi. Menurut Faridah, membangun komunikasi yang baik menjadi pintu untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat memicu timbulnya konflik yang lebih besar dalam  keluarga.

“Jangan malu datang ke PPKS Bungong Jeumpa untuk melakukan konsultasi. Karena konseling perkawinan akan lebih menekankan pada hubungan pasangan bukan pada kepribadian masing-masing calon pengantin. Konselor kita tidak menekankan untuk mengetahui secara mendalam kepribadian setiap klien,” kata Faridah.

PPKS Bungong Jeumpa memberi pelayanan konseling gratis kepada masyarakat Aceh dengan delapan jenis pelanyanan. Pelayanan informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), konseling keluarga remaja dan remaja, konseling pranikah, konseling keluarga balita dan anak, konseling KB dan Kesehatan Reproduksi (KR), konseling keluarga lansia dan lansia, pembinaan Usaha Ekonomi Produktif kelompok UPPKS, dan konseling khusus keluarga (Married Counseling).


“Sebelum konsultasi dengan para konselor, sebaiknya klien membuat janji konseling melalui nomor 08116810647. Nanti ada relawan kita yang bertugas yang menanyakan dan serta mencatat tanggal kunjungan untuk konseling yang diinginkan klien,” tutup Faridah. (Saniah LS/Relawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar