Rabu, 25 September 2013

Kepala BkkbN: Jadikan Konseling Sebagai Gaya Hidup

Kepala BkkbN, Prof Fasli Jalal menuliskan pesan kepada PIK Warda selesai membuka acara Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja GenRe Tingkat Nasional di Marbella Hotel, Anyer, Bante, Selasa malam (24/9)|Saniah LS
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN), Prof Fasli Jalal usai membuka acara Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Nasional di Marbella Hotel, Anyer, Banten beberapa hari lalu, Selasa malam (24/9), meminta kepada segenap masyarakat Indonesia dan Aceh khususnya agar bisa menjadikan konseling sebagai gaya hidup mereka. 

“Kita harus bisa mengubah asumsi masyarakat yang selama ini salah. Mereka beranggapan datang ke konseling ketika bermasalah. Seakan-akan datang ke Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) untuk meminta tolong karena mereka punya masalah. Nah stigma yang melekat itu yang harus diubah,” kata Fasli Jalal. 


Menurut Kepala BkkbN jika pemikiran dan anggapan yang salah ini tidak diubah, maka masyarakat akan merasa malu untuk datang ke rumah konseling, PPKS. Lanjutnya, masyarakat yang  datang ke PPKS Bungong Jeumpa haruslah memiliki keinginan ingin menjadikan PPKS ini sebagai tempat berbagi dan saling memperkokoh. Juga sebagai tempat pencerahan dan menambah pengetahuan mereka.

“Jadikan konseling itu sebagai gaya hidup atau kegiatan yang trandi,” seru Fasli Jalal.

PPKS Bungong Jeumpa yang beralamat di Jalan Peurada Utama (depan Komplek Bea dan Cukai), Desa Peurada, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh diresmikan sejak 12 Desember 2012. Rumah konseling milik Perwakilan BkkbN Aceh ini memberi 8 pelayanan konseling gratis kepada masyarakat Aceh. Konseling bisa dilakukan dengan berkunjung langsung atau via phone ke nomor 08116810647.

Pelayanan informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), konseling keluarga remaja dan remaja, konseling pranikah, konseling keluarga balita dan anak, konseling KB dan Kesehatan Reproduksi (KR), konseling keluarga lansia dan lansia, pembinaan usaha ekonomi produktif kelompok UPPKS, dan konseling khusus keluarga (Married Counseling).

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah Abubakar SE MM di Banda Aceh mengatakan, masyarakat Aceh tak perlu malu untuk datang ke PPKS Bungong Jeumpa dan bertatap muka langsung dengan konselor yang profesional dibidangnya masing-masing.

“Bisa juga via phone, tapi lebih bagus lagi kalau bertatap muka. Jadi tidak perlu malu, karena datang konsultasi ke PPKS Bungong jeumpa seperti kita berada di rumah sendiri. Sebab kami tidak saja memberi kenyamanan tetapi juga sangat menjaga kerahasiaan klien kami,” ujar Faridah.(Saniah LS/Relawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar