Selasa, 12 November 2013

BkkbN Gelar Sosialisasi dan Diseminasi Ketahanan dan PEK

Kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Program PEK di Aceh Utara beberapa waktu lalu|Saniah LS
Banda Aceh – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Provinsi Aceh menggelar acara Sosialisasi dan Diseminasi Program Ketahanan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. 

Tujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan usaha agar menjadi tenaga terampil dalam meningkatkan pendapatan keluarga.Serta Untuk membangun dan mengembangkan budaya usaha bagi keluarga maupun masyarakat.

Kasubid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) Perwakilan BkkbN Aceh, Fahmi SE mengatakan, kegiatan ini telah dilakukan sejak awal tahun 2013 dan terakhir akan digelar di Aceh Besar dan Kota Banda Aceh pada November ini. 

Peserta dari UPPKS Kabupaten Bireuen|Saniah LS
“Alhamdulillah sosialisasi dan diseminasi  Program Ketahanan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga yang digelar telah memberi pencerahaan bagi kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan masyarakat,” ujar Fahmi.

Lanjutnya,  sebagaimana tujuan dari kegiatan ini, sehingga diperlukan pembekalan  pengetahuan tentang langkah-langkah mengelola usaha yang baik dan benar.

Sebut Fahmi pemateri yang hadir tidak saja didatangkan dari BkkbN tetapi juga dari PNMP dan Disperindagkop kabupaten/kota.  

Peserta,  jelas Fahmi, merupakan kelompok dari UPPKS tidak saja diberi pencerahan cara mengemas produk agar lebih menarik konsumen, tetapi juga diberi pengetahuan bagaimana mendapatkan bantuan dana dari PNPM, pemasaran produk, membaca kebutuhan pasar, soal perizinan, merek, dan sebagainya.

Sebut Fahmi lagi, sekarang ini ada sekitar 1.518 kelompok UPPKS yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh. 

Peserta dari UPPKS Kab.Bireuen sedang praktek kemasan dengan mesin press|Saniah LS
"Melalui upaya pemberdayaan keluarga, khususnya keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera I, diharapkan mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Fahmi.

UPPKS adalah upaya pemerintah dalam pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat, semangat serta ketrampilan keluarga dalam bidang usaha ekonomi produktif .

Untuk meningkatkan kualitas pengelola usaha agar menjadi tenaga terampil dapat dilakukan dengan mengembangkan jaringan dengan lembaga pendidikan dan pelatihan bidang manajemen usaha keluarga . (Saniah LS/Relawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar