Senin, 03 Maret 2014

BkkbN Gelar Fasilitasi dan Orientasi Kader BKB

Analis Ketahanan Keluarga Perwakilan BkkbN Aceh, Mia Wahdani SKM
sedang memberi materi pada Kelompok Bungong Jeumpa pada Orientasi
Kader BKB di Kota Langsa, 20-21 Februari 2014
BANDA ACEH – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh menggelar Fasilitasi dan Orientasi Kader Bina Keluarga Balita di Kota Langsa dan Kabupaten Bener Meriah pada Februari 2014. Kegiatan ini juga akan dilakukan di beberapa kabupaten/kota lainnya di Aceh. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman kader mengenai pelaksanaan kelompok BKB, yang sesuai, baik, dan benar.

Selama ini masih adanya anggapan bahwa BKB bermain dengan alat edukatif (APE) Posyandu, padahal BKB adalah pemberian pemahaman mengenai pentingnya stimulasi tujuh aspek perkembangan dimasa emas. Tujuh aspek itu meliputi, komunikasi aktif, komunikasi pasif, kecerdasan, gerakan halus, gerakan kasar, kemampuan menolong diri sendiri, dan tingkah laku sosial.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah Abubakar SE MM didampingi Analis Ketahanan Keluarga, Mia Wahdini SKM, di ruang kerjanya beberapa waktu lalu di Kota Banda Aceh.

Dia juga menyebutkan sesuai amanah yang pernah disampaikan Plt Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Saflawi TR MM, agar kegiatan BKB dapat direvitalisasi manajemen kelompoknya, sehingga pelaksanaannya dapat dilaksanakan secara rutin setiap bulan. Tidak hanya saat akan ada penilaian atau perlombaan tahunan. Untuk itu kata Faridah, setiap tahun subtansinya dipertajam sesuai evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya.

“Kalau program BKB itu penting, sebagai investasi keluarga di akan datang. Diharapkan setelah kegiatan ini digelar, kader BKB lebih paham dan lebih termotivasi untk melaksanakan kelompok BKB secara rutin sesuai dengan subtansi pada kelompok BKB,” jelas Faridah.

Kabid KSKB Kabupten Bener Meriah, Dra Muzaki menyerahkan
hadiah kepada peserta dari Kelompok Bunda terbaik
Orientasi Kader BKB, 26-27 Februari 2014|Dok.BkkbN
Sementara itu, Mia menambahkan, kegiatan program pembinaan 2014 yang digelar di 23 kabupaten/kota dengan dua kegiatan berbeda. Sebut dia, Fasilitasi Pembinaan Kelompok BKB dan Orientasi Kader BKB. Kegiatan ini sendiri sudah berlangsung di Kota Langsa dan Kabupaten Bener Meriah pada Februari 2014 lalu.

“Di sini kader dilatih untuk tampil dan berani memberi penyuluhan. Selain itu mengadvokasi ke kepala desa, agar program BKB dijadikan prioritas di dalam rencana pelaksanaan kegiatan rutin di desa tersebut,” kata Mia.

Kegiaran program pembinaan BKB pada Maret 2014, rencanannya akan berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bireuen. Untuk Fasilitasi kegiatannya diikuti 30 orang, masing-masing sasarannya Ketua Kelompok BKB dan Pembina PLKB. Sedangkan kegiatan orientasi dilakukan di kelompok dengan jumlah sesuai kebutuhan.

“Dua kegiatan ini, pemateri tidak saja datang dari Perwakilan BkbbN Aceh, tetapi juga kami menghadirkan psikolog, Dinas Kesehatan kabupaten/kota, SKPD KB kabupaten/kota, keuchik, dan Badan Pemberdayaan Keluarga,” tutupnya.  (Saniah LS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar