Kamis, 01 Mei 2014

FASLI JALAL, APRESIASI PENGELOLAAN PPKS BUNGONG JEUMPA

Kepala BkkbN RI, Prof.dr. Fasli Jalal, Ph.D.SpGKd
(tengah) sedang memberi sepatah dua patah kata dalam
dalam lawatannya ke PPKS Bungong Jeumpa beberapa
waktu lalu|Saniah LS
BANDA ACEH - Disela-sela lawatan resminya menjelang pelantikan Kepala Perwakilan BkkbN Aceh yang baru, Kepala BkkbN RI, Prof.dr. Fasli Jalal, Ph.D.SpGK menyempatkan diri untuk melihat langsung PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera) Bungong Jeumpa di Jalan Peurada Utama depan Kompleks Bea Cukai Banda Aceh, Rabu (19/03).

Kedatangan Kepala BKKBN Pusat berserta rombongannya disambut hangat oleh Plt.Perwakilan BKKBN Aceh, Drs Saflawi TR MM, Kabid KSPK, Faridah SE MM, Kabid KB dan KR, Muhammad Razali SE, Staff Perwakilan BkkbN Aceh, Geuchik Gampong Peurada Utama, Konselor, Relawan PPKS dan PLKB, dengan acara seremonial singkat dan mempersilakan Tim BkkbN Pusat ini meninjau langsung berbagai fasilitas dan program-program yang selama ini dijalankan PPKS.

Dalam sambutannya Plt. Perwakilan BkkbN Aceh Drs. Saflawi TR, MM menjelaskan di usia PPKS yang belum genap 2 tahun sudah diminati secara luas di kalangan masyarakat  baik yang datang langsung maupun yang di kunjungi oleh Para Relawan PPKS seperti di Lembaga Pemasyarakatan.


“Alhamdullilah PPKS kita ini sudah diminati secara luas di kalangan masyarakat, baik yang datang langsung, kontak telepon, kita juga pernah hadir di lembaga pemasyarakatan, dan masih dijadwalkan sampai seterusnya, Semoga PPKS ini bisa berfungsi dan bergerak sebagaimana yang diharapkan,” Kata Saflawi.

Sementara itu setelah melihat langsung ruangan konseling dan berbagai fasilitas yang ada, Kepala BKKBN Pusat ini mengapresiasi pengelolaan PPKS Bungong Jeumpa yang memberikan kepercayaan kepada anak muda untuk mengelola langsung.

“Pertama kita bersyukur ini dikelola oleh anak muda, saya kira itu kekuatan kita, karena biasanya kita cemas dengan anak muda, tapi ternyata mereka menunjukkan bahwa mereka bisa berada di baris ke depan.” Pujinya.


Saat penyambuntan Kepala BkkbN RI,
Prof.dr. Fasli Jalal, Ph.D.SpGK oleh Pengelola
PPKS Bungong Jeumpa Perwakilan BkkbN Aceh|Saniah LS
Pembentukan PPKS ini bertujuan untuk terlaksananya penyelenggaraan pelayanan konseling keluarga yang meliputi : Pelayanan komunikasi informasi dan edukasi kependudukan dan keluarga, layanan konseling terhadap  keluarga balita, pasangan pra nikah, keluarga remaja dan remaja, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, keluarga harmonis, keluarga lansia dan lansia, pembinaan usaha ekonomi keluarga, serta pelayanan kontrasepsi yang memungkinkan sehingga dapat  mempercepat terwujudnya keluarga kecil  bahagia dan sejahtera.

Menurut Fasli Jalal, program yang dijalankan oleh PPKS Bungong Jeumpa sudah seperti yang diharapkan hanya ke depannya bisa diperkaya dengan konseling calon pengantin dan ada ruang multi fungsi untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan.

“Jadi kita optimis dengan apa yang dilakukan tapi tadi mungkin calon pengantinnya harus ditambah, dan tentu kita berharap, kalau ini sangat banyak pengunjungnya, harus dijadikan tempat pelatihan juga, kalau tempat pelatihan kan harus ada ruang multi guna.”tambah Mantan Wakil Menteri Pendidikan Indonesia ini.

Kepala BKKN Pusat ini berjanji akan berbicara ke Kepala Perwakilan dan Pemda untuk penambahan ruang multi guna yang nantinya akan bermanfaat untuk berbagai kegiatan dan kreatifitas sesuai dengan jiwa anak muda yang harus akan hal-hal baru dan selalu mengikuti kecanggihan teknologi.

Kepala BkkbN RI dan Pengelola PPKS Bungong Jeumpa Perwakilan BkkbN Aceh
berfoto bersama|Saniah LS
“Nanti kita akan berbicara ke kepala perwakilan dan pemda, bisakah ini nanti kita naikkan sehingga ada ruang-ruang operasional dan fungsional tetapi ada ruang multi fungsi yang bisa tempat pelatihan, video  conference dan jadi kita harus terus mengupgrade sehingga ini menjadi menarik bagi mereka dan mereka mendapatkan pencerahan pemberdayaan dan ilmu pengetahuan,” jelasnya lagi.

Fasli Jalal kembali mengingatkan akan pentingnya mempersiapkan keluarga-keluarga Indonesia yang berkualitas yang dimulai sejak remaja, sehingga nantinya tercipta keluarga yang bahagia dan sejahtera, sesuai dengan tagline dari BKKBN.


“BKKBN sesuai dengan UU No 52 Tahun 2009 Tentang Pengembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga BKKBN sesuai dengan UU no 52 tahun 2009 tentang pengembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, BKKBN itu taglinenya sekarang adalah Kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga.” (Kesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar